Cari Berita

Pengumuman

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Perdalam Materi Media Online, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO Kunjungi tribunjogja.com

Perdalam Materi Media Online, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO Kunjungi tribunjogja.com

Yogyakarta – Beberapa mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) terlihat sedang asyik berdiskusi dengan redaksi media online tribunjogja.com. Merekapun sesekali diperlihatkan trafik berita apa saja yang hari ini sedang ramai dibaca oleh pembaca berita online. Ya, mereka sedang melakukan studi lapangan pendalaman materi media online dengan berkunjung ke redaksi tribunjogja.com, Rabu (11/3) lalu di PT Media Tribun Yogya, Jl. Jend. Sudirman No. 52 Yogyakarta.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Praktik Media Online sebagai salah satu rangkaian dari materi perkuliahan Media Online yang mereka dapatkan di kelas.

“Praktik media online ini mengajak mahasiswa secara langsung untuk mengenal lebih dalam lagi proses media online memproduksi konten beritanya dan mendapatkan profit dari bisnis media onlinenya,” terang Mohammad Solihin, dosen prodi S1 Ilmu Komunikasi UNRIYO. “Selain itu, mereka juga diajak untuk melihat fenomena berita hoax dan clickbait yang selama ini menjadi permasalahan dalam konten berita media online,” tambahnya.

Kurang lebih selama 3 jam kunjungan, mahasiswa dengan didampingi dua dosen pendamping diterima dan disambut hangat oleh Ikrob Didik Irawan, Digital Manager tribunjogja.com yang mewakili pemimpin redaksi. Selain berbagi pengalamannya dalam dunia jurnalis di lapangan hingga menjadi digital manager media online yang tugasnya memonitor berita-berita dari reporter dan editor, Ikrob juga memberikan sedikit gambaran bagaimana mengelola media online di tribunjogja.com hingga sempat ranking teratas versi alexa.

“Dulu media online hanya sebatas memindahkan berita dari media cetak ke versi websitenya yang tidak menghasilkan profit, namun dengan semakin berkembangnya teknologi digital dan semakin banyaknya pengguna internet sekarang sudah tidak lagi dianggap sebelah mata karena media online sekarang ini ada begitu banyak peluang bisnisnya yang dapat menghasilkan profit,” paparnya. “Intinya harus konsisten dengan konten berita yang mengandung SEO dan tidak meninggalkan kode etik jurnalistik sebagai pedoman pemberitaannya,” lanjutnya.

Salah satu mahasiswa, Salsa, setelah mendengarkan berbagai pemaparan dari redaksi tribun.com, melontarkan beberapa pertanyaan dalam sesi diskusi menjadi gayeng. Dia mempertanyakan bagaimana cara tribunjogja.com memproduksi konten berita yang tidak melanggar aturan kode etik jurnalistik. Begitu pula halnya dengan Septa, mempertanyakan cara redaksi untuk cek fakta dari berita yang dibuat oleh reporternya.

“Praktik ke tribunjogja.com ini sangat bermanfaat bagi saya dan terus terang senang sekali dapat langsung mengetahui bagaimana media online itu dalam memproduksi konten beritanya kok bisa cepat dan bagaimana pula dapat bertahan menjalankan bisnis media onlinenya yang harus bersaing dengan media online lainnya yang tidak kami dapatkan di kelas,” ujar Ajusi, mahasiswi semester 6 ini.

“Setidaknya anak-anak mahasiswa ini dapat pengetahuan tambahan secara langsung kalau di dunia media online itu tidak hanya seputar produksi konten berita saja, tetapi juga ada nilai jualnya yang bisa dimanfaatkan nantinya oleh mereka,“ ungkap Doni Darmasetiadi, dosen prodi S1 Ilmu Komunikasi UNRIYO saat mendampingi mahasiswa praktik lapangan. (cs)


https://jogja.tribunnews.com/2020/03/12/mahasiswa-ilmu-komunikasi-unriyo-perdalam-media-online-ke-tribunjogjacom 



Berita Terkait

SEMINAR HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2016

PKL Kepaniteraan Gizi Masyarakat

Pengantaran PKL Kepaniteraan Gizi Masyarakat Semester ganjil TA 2017/2018

Prodi Sastra Inggris Adakan Kegiatan Gathering Mahasiswa

Pelatihan Etik Dasar Penelitian

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
MQvxEC


Halaman Lain